alamat

Jalan Raya Pluit Utara No. 2 B, Muara Karang, Jakarta Utara, Kode Pos 14450 Telephone : (021) 666 95219

Sabtu, 14 April 2012

TRANSFORMASI PT PLN (PERSERO) JASA MANAJEMEN KONSTRUKSI (JMK) BARU MENUJU JMK EKSELEN

Dalam rangka menunjang visi PT PLN (Persero) untuk menjadikan PLN sebagai perusahaan kelas dunia, PT PLN (Persero) Jasa Manajemen Konstruksi sebagai salah satu unit jasa penunjang PLN menyesuaikan diri dengan cita-cita direksi tersebut dengan cara meningkatkan kinerja di bidang supervisi konstruksi agar dapat menjadi unit jasa penunjang yang ekselen. Sehubungan dengan hal ini, Bapak Eddy Pamostang Manik selaku General Manager PT PLN (Persero) Jasa Manajemen Konstruksi beserta Manajemen mengundang Bapak Edward Siagian dari bidang pemasaran PLN Enjiniring dan para pakar dari LETMI ITB untuk bertukar pikiran, menuangkan JMK ekselen ke dalam sebuah buku "Transformasi JMK Baru : JMK Ekselen". Rapat bersama para pakar LETMI ITB, Bapak Budhi Prihartono, Dr, Ir., DEA (Perancangan dan Pengukuran Kinerja Manajemen) dan Bapak Yassierli, ST.,MT (Perancangan Sistem Kerja & Ergonomi, Industrial Engineering) berlangsung mulai dari pukul 14.00 hingga pukul 16.00 bertempat di Lanta 2 Ruang Rapat Gedung A PT PLN (Persero) Jasa Manajemen Kosntruksi.
Pada hari sebelumnya Senin, 5 September 2011, GM bersama jajaran Manajemen JMK mengadakan rapat untuk mematangkan konsep pembentukan JMK ekselen, dalam rapat tersebut membahas tentang pengembangan peluang bisnis JMK ke depan beserta analisa stategi dan SWOT yang dimiliki PLN JMK saat ini. 
PLN JMK adalah unit PLN yang bertanggung jawab untuk melaksanakan supervisi proyek transmisi, gardu induk, pembangkit, distribusi dan sarana prasarana. Adapun supervisi kontruksi pembangkit meliputi supervisi konstruksi proyek PLTU, PLTG, PLTGU, PLTP, dan PLTA. Sedangkan untuk supervisi konstruksi sarana dan prasarana meliputi bangunan sipil, elektro mekanik dan scada & Telkom.
Untuk pengembangan bisnis JMK ke depan agar menjadikan JMK yang Ekselen, JMK berencana melaksanakan supervisi untuk proyek – proyek transmisi, gardu induk, pembangkit, dan distribusi diluar PLN. Selain proyek – proyek tersebut, PLN JMK juga berencana melaksanakan proyek konstruksi sarana dan prasarana di luar PLN. Selain itu, JMK akan memperluas cakupan bisnisnya dengan mengambil peluang bidang bisnis konsultansi manajemen konstruksi pada proyek-proyek non PLN, mencakup proyek pembangkit, transmisi dan gardu induk.
Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi PLN JMK, para pakar LETMI ITB menyarankan PLN JMK untuk mentajamkan tantangan strategis PLN JMK dengan harapan dapat mengatasi masalah - masalah yang dipaparkan dalam rapat dengan cara :
1.   JMK harus menyepakati SWOT JMK terlebih dahulu
2.   Untuk HOSE, HOSE sudah merupakan rencana strategi untuk JMK mengatasi permasalahan yang ada 
Guna membahas perencanaan buku Transformasi JMK baru, para pakar LETMI ITB berencana membuat usulan Term Of Reference (TOR) guna mematangkan konsep bisnis JMK ke depan.